Minggu, 27 Oktober 2013

Learn

I have learned silence from the talkative, tolerance from the intolerant and kindness from the unkind. I should not be ungrateful to those teachers. - Kahlil

Belajar bisa dimana saja. Dan menurut saya sungguh bijak yang bisa belajar dimana saja dia berada. Dimanapun dia berada dia dapat belajar.

Kata Jiddu Khrisnamurti,
"learning is always active presents, there is no past"

Saya berpikiran konsep belajar terdengar berat atau terlampau serius. Seperti mempunyai sifat penuh tekanan. Padahal, belajar adalah sifat dasar manusia yang terlebih dahulu ia miliki. Bahkan, kalau saya boleh sok tau sifat tersebut juga dimiliki makhluk hidup lainnya.
Yang suka saya pertanyakan sembari berjalan pulang adalah kenapa belajar seperti kata menyeramkan yang kadang terdengar berat dan penuh tekanan?
Apakah ini bentukan dari pengalaman kurang menyenangkan saat belajar. Atau belajar adalah alat dari pemikiran sistem untuk pencapaian tujuan?

Ya tulisan ini sekedar menulis bahwa belajar bukan barang mewah atau menyeramkan. Tidak perlu berlebihan memujanya atau malah menjauhinya. Disukai atau tidak, belajar hadir dengan otomatis.

Selamat Malam,;
+Marissa Abdul+
27-10-2013

Tidak ada komentar: